My Beauty Secret

Articles


By Admin  Article Published 28 October 2014
 
 Manfaat AHA pada kosmetik

 

AHA atau Alpha Hydroxy Acid adalah sekelompok natural acid / asam yang umumnya terdapat pada makanan. Ada 5 jenis AHA yaitu citric acid/asam sitrat (terdapat pada jeruk-2an), Glycolic acid/asam glikolat (ada di gula tebu), lactic acid /asam laktat (ada pada susu), malic acid/asam malat (ada pada apel), tartaric acid / asam tartart (ada pada anggur).

 

AHA umum digunakan pada berbagai sediaan untuk keperluan kulit, seperti pada cream, lotion, facial wash, dan toner.

 

AHA bekerja dengan cara meluruhkan sel kulit mati (exfoliate). Dengan menghilangkan sel kulit mati, maka memberi kesempatan sel-sel kulit untuk regenerasi sehingga kulit menjadi lebih cerah, segar dan kenyal.

 

Kadar dari AHA juga bermacam-macam, semakin tinggi kadar AHA yang terkandung dalam suatu sediaan, maka akan semakin tinggi kemampuan untuk exfoliating.. AHA dikenal juga sebagai chemical peeling agent, artinya sebagai bahan untuk pengelupasan kulit.

 

AHA yang banyak digunakan untuk kulit adalah glycolic acid.

Karena kemampuannya yang bisa meluruhkan sel kulit mati, product yang mengandung AHA dapat membantu menghilangkan bekas jerawat, mengurangi pigmentasi / flek hitam, mengurangi fine lines, dan membuat kulit lebih halus dan kenyal. Kadar AHA dibawah 10% dapat digunakan pada product sehari-hari. Sedangkan untuk kadar AHA diatas 10% dapat memberikan hasil yang mirip dengan microdermabrasi, mengurangi fine line (kerutan halus), memberikan kulit lebih kenyal dalam 1-3 kali penggunaannya. Kadar AHA diatas 10% harus digunakan oleh dokter profesional. Kadar AHA 50-70% akan mengakibatkan iritasi pada kulit yang lebih parah.

 

Saat ini tidak ada product sunscreen dikombinasikan dengan AHA dalam satu sediaan, karena AHA tidak stabil pada pH yang sama dengan sunscreen.

 

Sebagai tambahan, apabila Anda menggunakan product yang mengandung AHA, diwajibkan untuk menggunakan sunscreen setelahnya. Hal ini sudah tercantum pada peringatan BPOM.  Jika diibaratkan, dengan penggunaan AHA (cream / lotion), kulit menjadi lebih tipis / proteksinya berkurang terhadap sinar UV, sehingga perlu dioleskan sunscreen sebagai payung menangkal sinar UV dari matahari pada penggunaannya di siang hari.

 

Semoga berguna informasi ini.



Related Article